Forum Teknologi, Acara Kolaborasi Fakultas Teknologi Industri dan Agroindustri di Bidang Energi Terbaharukan

UISI – Forum Teknologi 2020 yang bertajuk pada tema “Peran Generasi Milenial Dalam Pengembangan Biofuel Sebagai Upaya Mengoptimalkan Energi Terbaharukan Pada Kendaraan” yang diadakan secara online melalui aplikasi Google Meet. Kegiatan ini merupakan salah satu kolaborasi dari FTIA (Fakultas Teknologi Industri dan Agroindustri). Adapun program studi dari FTIA ini di antara lain Manajemen Rekayasa, Teknik Logistik, Teknik Kimia, dan Teknologi Agroindustri.

Pembahasan Forum Teknologi ini disampaikan oleh 2 (dua) pemateri hebat yakni Darmono Taniwiryono, PhD (Ketua Umum Indonesian Oil Palm Society) dan Indra Chandra Setiawan, S.T.,M.T (Deputy General Manager PT. TOYOTA MANUFACTURING INDONESIA). Menurutnya, Forum Teknologi ini sangatlah cocok bagi kaum milenial yang harus peduli dengan perkembangan teknologi yang semakim cepat.

“Milenial ini merupakan generasi yang melanjutkan perjuangan – perjuangan bangsa ini” Ujar Darmono Taniwiryono di pembuka acara.

Darmono sebagai pemateri pertama membawakan materi yang berjudul “Kontribusi Sawit dalam Penyediaan Energi Terbarukan”. Pemanfaatm energi yang didapat dari kelapa sawit yakni sebagai biofuels, biogas, biomass, dan electricity. Dan Pak Indra sebagai pemateri kedua membahas “Tantangan Pemanfaatan Biodiesel pada Kendaraan Diesel di Indonesia”. Lalu bagaimana kiat – kiat peran millenials dalam mengembangkan potensi energi terbaharukan?  Seperti yang kita ketahui bahwasanya peran millenials sangatlah penting untuk meneruskan perjuangan bangsa.

“Walaupun kita menanam pohon kelapa sawit sekarang, maka yang akan menuai hasilnya adalah generasi ke depan. Jadi jangan pikirkan generasimu sendiri, pikirkan anak cucumu juga”, pesan singkat dari Pak Darmono

“Jangan berhenti berinovasi dan tetap pikirkan beyond us atau generasi ke depan”, ujar Indra Chandra Setiawan.

By : Tiffani Febiola A.

Leave A Comment