UISI- Web Seminar Series 9 “Belajar Bareng UISI” Jum at (3/07/20) menjadi kesempatan bagi departemen Manajemen Rekayasa (MR) untuk memperkenalkan kepada masyarakat. Meskipun kegiatan ini berlangsung secara daring, hal tersebut tidak menyurutkan antusias peserta yang terlihat dari berbagai pertanyaan yang di ajukan.

Dengan mengusung tema “how to FYP (for your page) on tik tok” pembelajaran ini dipaparkan oleh Elita Fidiya Nugrahani, S.T., M.Eng., M.T. Beliau berbagi informasi mengenai konten positif serta edukatif melalui aplikasi Tiktok. Beberapa waktu lalu video yang diunggah oleh beliau menjadi tranding hingga masuk ke salah satu media televisi. Video tersebut menggambarkan aktivitas dosen dan mahasiswa saat melakukan WFH (Work From Home). Tak disangka bahwa video tersebut telah dilihat sebanyak ratusan ribu kali.

“Mengapa tiktok? Karena menurut saya tiktok itu The New of Instagram and Youtube. Di tiktok, segala informasi akan tersampaikan dengan jelas dengan durasi maximal 1 menit” ujar bu Elita Dosen Manajemen Rekayasa.

Kebanyakan generasi millenial saat ini lebih menyukai penyampaian informasi yang singkat namun jelas, berbeda dengan youtube yang harus beberapa menit bahkan jam untuk mengetahui sebuah informasi secara keseluruhan. Konten aplikasi ini bisa kita gunakan untuk hal – hal yang positif. Di aplikasi Tiktok tersebut, salah satu Dosen Manajemen Rekayasa memanfaatkan tiktok sebagai media edukatif dan juga informatif mengenai dunia perkuliahan, bahkan tentang manajemen rekayasa juga.

“Sekitar 2 tahun lalu, saya melihat tiktok hanya untuk menari – nari saja. Namun ternyata, di tahun sekarang semenjak adanya Pandemi covid-19, banyak orang yang menggunakan tiktok sebagai media edukatif dan promosi. Bahkan video dari aplikasi tiktok ini sudah menyebar masuk ke dalam platform lain seperti twitter dan instagram“, imbuhnya.

Untuk bisa mencapai viewers yang banyak atau biasanya disebut sebagai fyp (for your page) perlu beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya menggunakan lagu serta hastag yang sedang tranding saat itu juga, serta membuat branding akun terlebih dahulu dimana hal ini harus memiliki ciri yang khas dan berbeda dari yang lain.

-Repoted by Tiffani-


Notice: Undefined index: sharing_networks_networks_sorting in /home/mruisi/public_html/wp-content/plugins/monarch/monarch.php on line 3876

Notice: Undefined index: sharing_networks_networks_sorting in /home/mruisi/public_html/wp-content/plugins/monarch/monarch.php on line 3876
Share This