Febri, mahasiswa magang bersertifikat di BTN

UISI- Muhammad Febrianto yang kerap disapa Febri merupakan Mahasiswa Manajemen Rekayasa (MR) yang mendapatkan kesempatan magang bersertifikat di salah satu Perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Saat peluang magang terbuka, Febri tak ragu untuk memanfaatkannya sebagai pengalaman dan tantang baru baginya. Melalui Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) dari Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Bacth III yang bekerja sama dengan kementrian BUMN Febri dapat merasakan Magang Bersertifikat di Bank Tabungan Negara (BTN) Surabaya.

Selama 6 bulan magang, banyak pengalaman dan pelajaran yang Febri dapatkan. Dimulai saat ia harus mempersiapakan berkas-berkas yang diperlukan. Peminat dari program tersebut bukan hanya dari kalangan mahasiswa UISI (Universitas Internasional Semen Indonesia), melainkan terbuka untuk mahasiswa Indonesia. Terdapat 174 perusahaan BUMN yang dibuka untuk program tersebut dan Febri harus bersaing dengan mahasiswa se Indonesia. Hingga akhirnya Febri ditempatkan di BTN Surabaya. Meskipun ia bergelut dengan pekerjaan di Bank, hal itu tidak menyudutkan pengetahuan ilmu Manajemen Rekayasa yang jauh dari pekerjaan industri.

“Awalnya saya kaget diterima di Bank, kenapa gak di industri? Ternyata karena MR luas pengetahuannya ditempatkan di Bank pun ilmu MR itu kepakai. Salah satunya kita bisa menerapkan manajemen controlling dan lain sebagainya”, Jelas Febri saat wawancara.

Sebuah pengalaman baru mahasiswa Manajemen Rekayasa menjalani magang di bidang perbankan. Saat itu ia ditempatkan pada posisi funding selama satu minggu. Yaitu bagian penghimpunan nasabah dalam bentuk tabungan. Dan beralih di bagian CLS (Consumer Loan Service) Yang merupakan bagian pelayanan kredit konsumer . Masa magang yang Febri jalani, ia merasa berasa berada di dunia kerja yang sesungguhnya. Bagaimana ia harus menghadapi berbagai macam customer yang berbeda-beda, membantu customer perihal keuangan, dan lain sebagainya. Tantangan itu ia jalani dengan memberikan yang terbaik dan menurutnya pelajaran itu akan kembali kepada dirinya untuk kedepan.

“Benar-benar kayak kerja waktu saya magang itu, setelah pelatihan oleh pihak bank saya sudah di kasih pekerjaan membuat surat penolakan, entry data semacam itu. Kalo dari aku nyaraini teman-teman MR coba magang bersertifikat. Karena manfaatnya banyak banget”, Ungkap Febri.


Notice: Undefined index: sharing_networks_networks_sorting in /home/mruisi/public_html/wp-content/plugins/monarch/monarch.php on line 3876

Notice: Undefined index: sharing_networks_networks_sorting in /home/mruisi/public_html/wp-content/plugins/monarch/monarch.php on line 3876
Share This