UISI- Pembelajaran kelas Pembiayaan Proyek hari ini (20/09) mendatangkan salah satu alumni MR (Manajemen Rekayasa) angkatan pertama. Pembahasan yang dijelaskan oleh Sigit Hadi, S.T (akrabnya Sigit) banyak membuka pengalamannya saat bekerja. Tidak sedikit apa yang telah dipelajarinya di bangku kuliah 2 tahun lalu menuangkan hasil yang tidak sia-sia Sigit yang tengah mendalami karirnya di PT. Terminal Teluk Lamong bekerja sebagai Site Operational Manager (SOM) yaitu bagian yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan dan pengoordinasian pekerjaan pada sebuah proyek baik dari segi mandor maupun subkontraktor secara teknis maupun keuangan. Kelas proyek konstruksi bersama Sigit berlangsung di Gedung 3 Ruang 5 Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI).

Melalui Sharing session, mahasiswa MR mendapatkan pengetahuan mengenai proyek konstruksi. Dengan melihat dan merasakan langsung di salah satu proyek pembangunan terminal teluk Lamong, Sigit berhasil membagikan pengetahuannya. Hal ini terlihat dengan banyak pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa bagaimana kehidupan dunia kerja setelah lulus. Mata kuliah MR ia terapkan untuk sebuah proyek jni, diantaranya Analisa Kelayakan, Pembiayaan Proyek, dan Manajemen Proyek. Baginya bukan bagaimana ia akan berperan sebagai engineer pembangunan dan pembiayaannya, tetapi tanggung jawab yang ia pikul untuk sebuah proyek dalam jangka panjang.

“MR itu bukan sebagai engineer disini, bukan sebagai accounting juga. Tapi sebagai penanggung jawab lapangan dan pengambilan keputusan. Karena proyek itu tidak bisa diukur jangka pendek ,” ujar Sigit.

Tak hanya memaparkan tentang definisi proyek dan masa depan berada di proyek, ia juga membagikan kehidupannya selama kuliah di MR UISI. Bukan bergelut dengan teori dalam kelas, Sigit juga banyak menghabiskan waktunya dengan kegiatan luar kelas seperti organisasi. Selain menyempatkan harinya dengan organisasi, ia merasa seperti dibentuk karakter dan sifatnya dalam tim. Saat bekerja pun ia terbiasa bekerja dalam tim.

“Dunia kerja itu lebih keras, jadi biasakan diri ya ikut organisasi dan kegiatan di luar kelas. Selain itu, berani bertanya dan tetap terus menggali informasi untuk meningkatkan kemampuan Kita di bidang pekerjaan,” pesan Sigit.


Notice: Undefined index: sharing_networks_networks_sorting in /home/mruisi/public_html/wp-content/plugins/monarch/monarch.php on line 3876

Notice: Undefined index: sharing_networks_networks_sorting in /home/mruisi/public_html/wp-content/plugins/monarch/monarch.php on line 3876
Share This