Gresik – Kolaborasi dalam kebaikan Himpunan Mahasiswa Manajemen Rekayasa (Hima MR) bersama Himpunan Mahasiswa Teknik Logistik (Hima Teklog) telah sukses menyelenggarakan seminar kewirausahaan. Kegiatan tersebut menguak segala suka duka dunia wirausaha dengan mengundang pemateri yang ahli di bidangnya. Acara yang berlangsung pada  Sabtu (27/4) di Auditiorium Kampus B Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), bertajuk pada tema “Menumbuhkan Jiwa Enterpreneur di Era Global”.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan seminar kewirausahaan karena tingginya minat mahasiswa UISI dalam berwirausaha. Hal ini terlihat dengan banyaknya mahasiswa UISI yang telah memiliki usaha sendiri baik dari online shop maupun berbagai macam produk dan jasa lainnya. Maka dari itu, diadakannya acara ini dengan harapan dapat  terus meningkatkan semangat dan rasa percaya diri mahasiswa untuk berwirausaha.

Minat kewirausahaan tidak hanya digeluti oleh mahasiswa MR dan Teklog. Alumni dan umum juga berkeinginan untuk mengikutinya. Saat publikasi acara di media sosial ternyata banyak sekali orang luar yang berminat untuk mengikutinya.  Sehingga panitia memutuskan untuk membuka pendaftaran umum dengan slot yang terbatas. Meskipun s sasaran peserta awal dikhususkan untuk Keluarga Mahasiswa (KM) MR dan Teklog.

Terdapat dua pemateri dalam acara ini, yang pertama yaitu Devi Aprillia Salamah Smeer, salah seorang enterpreneur muda yang menjelaskan tentang bisnis Moi Thai Tea (Thai Tea) dan Picank (inovasi olahan pisang) serta bagaimana cara ia memulai usahanya tersebut. Untuk pemateri selanjutnya yaitu Bapak Nova Ridho Sisprasojo, S.Sn., M.Ds. yang menjabat sebagai Kepala Departemen Desain Komunikasi Visual (DKV) UISI. Beliau memaparkan materi tentang bagaimana cara bermain branding dalam sebuah bisnis.

“Harapan saya, setelah mengikuti seminar ini semoga peserta sudah memiliki gambaran atau ide usaha apa yang akan dirintis dan dikelola dengan baik nantinya agar dapat bersaing di pasar nasional maupun internasional. Untuk kedepannya bisa jadi akan diadakan lagi seminar kewirausahaan , tentunya dengan tema yang berbeda,” harap Naufah untuk acara kedepannya.

Acara berjalan dengan lancar dan sukses walau hanya dengan persiapan selama satu bulan saja. Hal tersebut terbukti dengan adanya minat yang tinggi dan antusiasme peserta di dalam forum yang terlihat selalu aktif bertanya kepada pemateri.

“Acara ini sangat bermanfaat, dan dapat menambah wawasan saya tentang bagaimana cara berwirausaha dengan baik sehingga mampu bersaing pada era global ini. Kemudian saya juga merasa lebih berani lagi untuk mencoba usaha dengan ide-ide baru,” kata Sella Wanda Anggraheny yang merupakan salah satu peserta.


Notice: Undefined index: sharing_networks_networks_sorting in /home/mruisi/public_html/wp-content/plugins/monarch/monarch.php on line 3876

Notice: Undefined index: sharing_networks_networks_sorting in /home/mruisi/public_html/wp-content/plugins/monarch/monarch.php on line 3876
Share This