UISI – Meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap sebuah produk mampu mempengaruhi perusahaan maupun unit usah kecil untuk mengembangkan produknya. Sumber bahan yang tidak selamanya kekal akan habis jika digunakan terus menerus. Pengetahuan pengembangan produk menyudutkan mahasiswa Manajemen Rekayasa Universitas Internasional Semen Indonesia (MR UISI) untuk berinovasi.

Departemen Manajemen Rekayasa mengadakan kuliah tamu yang Mengankat tema “Strategi Pengembangan Produk Semen yang Inovatif dan Kompetitif”. Pada perkuliahan ini menghadirkan Ahmad Aris, S.T selaku Kepala Departemen Penelitian dan Pengembangan PT. Semen Indonesia Tbk.  Kegiatan ini berlangsung di Aula Kampus A UISI pada Selasa kemarin (26/03).

“RnD sekarang berfokus pada pengembangan bukan pembaruan. Jadi istilah out of the box umumnya saya artikan kaya cetakan. Jadi jangan berfokus pada cetakan yang telah ada.” Paparnya saat pembukaan kuliah tamu.

Materi kuliah tamu disampaikan oleh Kak Nahla salah satu staff Departemen Penelitian dan Pengembangan PT. Semen Indonesia Tbk. Kuliah ini diikuti oleh mahasiswa MR khususnya yang mengambil mata kuliah Teori Metodologi Penelitian(TMP), Proyek Rekaysa (PR), Perancangan dan Pengembangan Produk Rekayasa(P3). Selain berbagi pengetahuan seputar produk semen dan yang berkaitan. Mahasiswa juga diajarkan teori langkah-langkah tentang pengembangan produk diberbagai bidang. Terlihat mahasiswa yang mengikuti kuliah tamu sangat antusias, dengan beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh mahasiswa setelah materi disampaikan oleh pemateri.

“Semua teori itu bisa didapat, yang sulit itu ide atau gagasan. Terkadang gagsan itu munculnya secara tiba-tiba entah dari brainstroming, problem solving atau prioritas. Dari situ kita bisa ngembangin produk yang unggul”, jelas kak Nahla saat menyampaikan materi.